Apa itu NFC dan Bagaimana Cara Kerjanya.??

Indoprotika.com, NFC yang merupakan singkatan dari Near Field Comunication merupakan fitur smartphone yang memiliki fungsi untuk saling bertukar data antar smartphone. Awalnya NFC ini memang bertujuan untuk transfer file antar smartphone, tapi cara kerja dari NFC yang mengharuskannya berdekatan pada saat bertukar file, menjadikan NFC memiliki kelebihannya tersendiri.

Kesalahan umum orang yang memahami NFC adalah mengira bahwa NFC sendiri yang digunakan untuk copy data, NFC sendiri sebetulnya dapat melakukan copy data tapi pelan. Yang menarik adalah NFC ini dapat digunakan untuk mentriger supaya kedua device yang bertemu ini dapat melakukan transfer data dengan cara lain, misalnya lewat Bluetooth atau wifi. Jadi ketika dua device bertemu nanti yang akan melakukan transfer data adalah Bluetooth atau wifi. Tapi point pertama yang perlu diketahui adalah dua smartphone harus bertemu, karena yang diperlukan agar fungsi NFC ini dapat digunakan adalah jarak yang dekat dari kedua smartphone yang ingin melakukan transfer data.

Dan dalam perkembangannya NFC sendiri telah dikembangkan fungsinya menjadi berbagai macam. Contoh salah satu fitur NFC yang sedang ramai digunakan pada saat ini adalah fungsi NFC sebagai alat pembayaran. Misalnya NFC dapat digunakan untuk mengecek sisa saldo yang dimiliki pada kartu ATM atau E-Toll, sehingga tanpa perlu repot-repot ke ATM atau ke mini market kita dapat mengecek sisa saldo yang kita miliki. Selain itu untuk beberapa kartu E-Toll sudah dilengkapi dengan fitur NFC yang selain dapat digunakan untuk cek saldo, kita juga dapat melakukan isi ulang saldo langsung melalui smartphone, tanpa harus pergi ke ATM atau Mini Market.

Sampai saat ini selain handphone dan kartu pembayaran yang menggunakan NFC, perangkat seperti Bluetooth speaker atau kamera juga sudah menggunakan fitur NFC. Jadi kita bisa mengkoneksikan handphone kita yang memiliki NFC dengan Bluetooth speaker yang juga memiliki fitur NFC, sehingga kita tidak perlu repot-repot melakukan authentication atau kamera ketika kita memiliki kamera yang sudah ada NFCnya, maka akan memudahkan kita untuk transfer file dari kamera ke smartphone kita, sehingga kita dapat langsung upload ke sosmed tanpa harus menggunakan laptop lagi.

Yang perlu diketahui juga NFC ini bergantung pada SoC atau Chipset yang digunakan pada sebuah smartphone harus support NFC. Kemudian walaupun Chipsetnya sudah support NFC tapi jika smartphone yang kita beli tidak memiliki NFC maka kita tidak dapat menggunakan NFCnya juga. Sehingga antara Chipset dan Fitur NFC keduanya harus dimiliki oleh smartphone yang akan kita gunakan. Umumnya fitur NFC berada dibelakang smartphone, walaupun ada beberapa smartphone yang meletakan NFC di depan.